Tadzkiroh, Tilawah via Al Quran

Tadzkiroh, Tilawah via Al Quran
Tadzkiroh bisa diartikan Pelajaran,Pertimbangan atau hasil dari Dzikir seperti contoh QS An Nahl ayat 90 dan QS An Nuur ayat 1. Tilawah yang umum difahami adalah membaca. Dari keterangan tersebut bisa kita ambil kesimpulan bahwa Al Quran yang di Nuzulkan Allah kepada manusia untuk menjadi Petunjuk/Pemandu yang harus di-Baca agar Ingat dan langkah selanjutnya baru di-Pelajari, di-Kaji dan di-Fahami, hasil dari itulah yang disebut Hidayah/Hudan yang berguna bagi manusia demi membuat hidup kita terbimbing oleh hidayah dari Allah yang berupa Kitab dalam bentuk tulisan dan lisan Arabian itulah Al Quran.
Bayan Extrapolasi Kesimpulan
Terjemahan ibn Katsir/Depak
Quran surat An Nahl
Ayat
Ada yang berkata(memfitnah) Nabi Muhammad bahwa beliau belajar bersama Jibril menggunakan bahasa Ajam, tuduhan mereka salah besar” sebab Muhammad belajar bahasa Quran dalam bentuk lisan Arabian diajarkan oleh Jibril yang diutus Allah. Hasil pembelajaran vial Quran menjadi petunjuk yang membimbing Nabi untuk mengajarkan,menyampaikan kepada Umat manusia.
Dan sesungguhnya Kami mengetahui bahwa mereka berkata: "Sesungguhnya Al Quran itu diajarkan oleh seorang manusia kepadanya (Muhammad)." Padahal bahasa orang yang mereka tuduhkan (bahwa) Muhammad belajar kepadanya bahasa 'Ajam, sedang Al Quran adalah dalam bahasa Arab yang terang.
وَلَقَدْ نَعْلَمُ أَنَّهُمْ يَقُولُونَ إِنَّمَا يُعَلِّمُهُ بَشَرٌ لِسَانُ الَّذِي يُلْحِدُونَ إِلَيْهِ أَعْجَمِيٌّ وَهَذَا لِسَانٌ عَرَبِيٌّ مُبِينٌ
103
Sesungguhnya siapa saja diantara manusia yang tidak beriman dangan Ayat-ayat Allah(Al Quran) Allah tidak akan memberinya hidayah/petunjuk/pembimbing dalam hidupnya sebab dia tidak mau memperhatikan,mempelajari,mencermati ayat-ayat di dalam Al Quran, bahkan dia mencari pelajaran yang lain selain Al Quran dengan berbagai macam alasan dia menganggap Al Quran sulit,membingungkan,kurang lengkap,kurang menjelaskan dan lain sebagainya, disebabkan perbuatannya itulah mereka di azab Allah(salah satu bentuk hukuman dalam neraka)
Sesungguhnya orang-orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah (Al Quran), Allah tidak akan memberi petunjuk kepada mereka dan bagi mereka azab yang pedih.
إِنَّ الَّذِينَ لا يُؤْمِنُونَ بِآيَاتِ اللَّهِ لا يَهْدِيهِمُ اللَّهُ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ
104
Terjemahan ibn Katsir/Depak
Quran surat Az Zumar
Ayat
Tidak ada hadits(perkataan) sebaik Al Quran(Ahsanul Hadits) kitab yang mengandung makna yang dalam dan luas mencakup seluruh kehidupan manusia, bergetar seluruh tubuh orang yang mempelajarinya karena loyalitasnya kepada Allah, kemudian kembali tenang tubuh dan hatinya ketika dia berdzikir,mengingat,mereview hasil pembelajarannya yang diberikan Allah via Al Quran, itulah hidayah/petunjuk/bimbingan Allah kepada yang mau mempelajari/mentilawahi Al Quran karena itulah yang Allah suka, dan siapa saja diantara manusia yang tersesat itu dikarenakan dia melawan sukanya Allah untuk mendapat hidayah/petunjuk/bimbingan dari Al Quran
Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun.
اللَّهُ نَزَّلَ أَحْسَنَ الْحَدِيثِ كِتَابًا مُتَشَابِهًا مَثَانِيَ تَقْشَعِرُّ مِنْهُ جُلُودُ الَّذِينَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ ثُمَّ تَلِينُ جُلُودُهُمْ وَقُلُوبُهُمْ إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ ذَلِكَ هُدَى اللَّهِ يَهْدِي بِهِ مَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُضْلِلِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِنْ هَادٍ
23

Tidak ada komentar: